Zaenal Nur Hafidin

Life is Challege, Become the Winner in Your Life

Penjaga Gawang Legendaris Manchester United

EDWIN VAN DER SAR

EDWIN VAN DER SAR

Bicara tentang kiper legendaris, kita pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Edwin van Der sar yang hampir membela tim Manchester united selama kurang lebih 6 musim ini. Penjaga gawang yang berasal dari Belanda ini dipercaya Pelatih MU untuk mengawal mistar gawang MU selama 6 musim mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa. Dia sangat cepat dan mempunyai reflek tinggi dan bisa dibilang penjaga gawang MU terbaik sepanjang masa.

Penjaga gawang yang satu ini bisa dibilang pemain yang setia terhadap timnya. Lihat saja ketika dia main di Klub sebelum hijrah ke Manchester United. Dia bermain di Ajax selama kurang lebih 8 musim. Ajax adalah klub pertama yang mengangkat namanya sehingga dia mencoba untuk mengasah kemampuannya di berbagai liga Eropa lainnya. Pada akhirnya di hijrah ke Itali dan bergabung dengan raksasa liga Italia Juventus. Tapi dia hanya sekitar 2 musim bertahan di Juventus.

Dia mendapat tawaran bermain di Liga besar Inggris dan diboyong dari Juventus menuju Fulham. Lagi-lagi dia menunjukkan kesetiaannya sehingga bertahan kurang lebih membela panji Fulham selama 4 musim. Semakin hari kemampuannya meningkat dan menjadi incaran para klub-klub besar lainnya. Sehingga menarik perhatian pelatih MU, Sir Alex Fergusson pada waktu itu.

Akhirnya pada musim kompetisi 2005-2006 dia hijrah ke tim besar inggris Manchester United. Karir dia cemerlang dan berhasil menjadi kiper utama pada saat itu. Dia mengantarkan MU meraih beberapa gelar domestik maupun Internasional.

puncaknya pada semi final liga champion 2009 dia menggagalkan asa Chelsea untuk masuk ke final dan meraih gelar juara melalui drama adu penalti. Penjaga gawang hebat ini menggagalkan tendangan Nikolas Anelka yang merupakan penentu pada saat itu.

Penjaga gawang ini sangatlah piawai dalam mengatasi bola-bola lambung maupun datar, nyaris tanpa ada kelemahan. Sampai saat ini Mu tetap mempercayakan mistar gawang kepadanya walaupun usianya yang menginjak 40 tahun. Padahal MU masih mempunyai Kusczack kiper muda dari polandia, tapi kepercayaan adalah kepercayaan. Dia adalah salah satu faktor kesuksesan dari MU. Dan merupakan “momok” yang sangat menakutkan bagi striker lawan.

Dia tidak hanya bersinar dalam Klub, tapi dia bersinar dalam Negara. Sejak menjadi anggota Tim Nas Belanda, dia dipilih menjadi Captain menggantikan Van Brockost.  Sejak 1995 dia dipercaya mengawal gawang Belanda. Sampai pada LIga Eropa tahun 2008 lalu dia terakhir kali membela tim Orange. Dan pada akhirnya tergeser oleh penjaga gawang muda Belanda saat itu.

Sampai pada akhirnya dia memilih pensiun pada usia 40 tahun setelah Liga Champion 2010 ini. Dia beranggapan bahwa kemampuannya sudah menuruh dan sudah saatnya pensiun.

walaupun begitu, penjaga gawang legendaris ini akan tetap dikenang oleh publik MU atas semua jasa-jasanya selama ini. Dia berharap masih bisa berhubungan lagi dengan sepak bola, entah sebagai pelatih ataupun kembali menjadi pemain.

Nama                      : Edwin Van Der Sar

Tempat lahir       : Voorhout, Nehterland

Tanggal Lahir      : 29 Oktober 1970

Posisi                      : Penjaga Gawang

Karir Amatir

1980-1985             : Foreholte

1985-1990             : VV Norjwijk

Karir Profesional

1990-1999              : Ajax Amsterdam

1999-2001             : Juventus

2001-2005            : Fulham

2005-2011            : Manchester United

karir tim Nasional

1995-2008            : Tim Nasional Belanda

July 15, 2011 - Posted by | Manchester United

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: