Zaenal Nur Hafidin

Life is Challege, Become the Winner in Your Life

Pemain Cerdas Dalam Lapangan Hijau

Seorang pemain tengah atau bisa disebut dengan pemain gelandang adalah pemain yang berada didepan deretan pemain belakang yang bertugas sebagai pengatur lapangan, ritme, dan keseimbangan dalam permainan sepak bola.

Bisa dibilang pemain ini adalah pemain paling penting dalam sepak bola, dan hanya yang mempunyai kecerdasan tersendiri yang mampu menempati posisi ini. Pemain yang mempunyai skill khusus dan kecepatan dalam berpikir serta kecepatan dalam membaca permainan.

Pemain Tengah atau pemain gelandang ini dibagi menjadi 2 :

  • Gelandang bertahan adalah posisi dimana dia bertempat tepat didepan barisan pemain belakan dan bertugas hanya menjaga keseimbangan barisan belakang. Apabila pemain belakang melakukan over lap, pemain ini bertugas menutup ruang kosong yang ditinggalkan pemain yang melakukan over lap tersebut.  Pemain ini juga bertugas untuk mematikan pergerakan lawan yang akan menerobos daerah pertahanannya. Pemain ini biasanya mempunyai fisik yang kuat dan daya tarung yang sangat kuat. Contohnya, Darren Fletcher, Carrick, Sammy Khedira, dan lain sebagainya.
  • Gelandang serang / Gelandang utama adalah posisi dimana di bertempat dibelakang pemain depan. Pemain ini sangat penting, karena melalui dialah serangan dan ritme permainan diatur. Pemain ini bertugas memberi umpan kepada pemain depan dan menjadi pengatur permainan. Dalam sebuah permainan, Pemain ini lah yang menentukan arah menyerang dan menjadi motor serangan. Bentuk permainan akan tergantung pada kualitas dari gelandang serangnya.  Pemain ini biasanya mempunyai kemampuan untuk membaca pergerakan lawan dan kawan dan mempunyai skill passing (mengumpan), dribbling, dan shooting yang sangat baik. Contohnya, Paul Scholes, Weisley Sneidjer, Cesc Fabregas, Xavi Hernandez, Andreas Iniesta, dan lain sebagainya.

Dalam formasi 4-4-2, Pemain Gelandang hanya terdapat 2 pemain. Dalam formasi ini juga, pemain gelandang akan bekerja lebih ekstra. Karena, dua-duanya akan bekerja sama untuk penyerangan dan pertahanan, ketika tim diserang, maka mereka secara otomatis akan membantu pertahanan, bagitu juga sebaliknya.

Dalam formasi 4-3-3, terdapat 3 pemain gelandang. 1 Gelandang bertahan, dan 2 Gelandang serang. Dalam formasi ini, masing-masing pemain tengah akan saling membantu dan tetap berada pada posisi masing-masing. Formasi ini sangat efisien untuk sebuah tim yang bertipikal menyerang, karena ketika melakukan penyerangan, pemain depan akan didukung oleh dua Gelandang serang yang akan mengatur serangan. Formasi ini juga sangat sempurna untuk menjaga pertahanan, karena ketika  diserang,Gelandang bertahan akan mematikan pergerakan lawan dan deretan pemain belakang akan bisa lebih fokus dalam pertahan.

Selain gelandang serang dan gelandang bertahan tersebut, masih ada 1 pemain gelandang yang sangat istimewa, yaitu pemain Gelandang serba bisa (multi fungsi). Pemain ini bisa membantu penyerangan, dan bisa juga membantu dalam pertahanan. Pemain ini memiliki fisik yang sangat kuat dan kemampuan penetrasi yang sangat bagus, biasanya pemain ini akan dipasang pada pola permainan 4-4-2. Contohnya, Javier Zanetti, Esteban Cambiasso, Anderson, dan lain sebagainya.

July 18, 2011 - Posted by | Football

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: