Zaenal Nur Hafidin

Life is Challege, Become the Winner in Your Life

Awas Virus !!!!

Wah, kenapa sih ni komputer gw, kok jadi ngehank gini ??? Haduh gw harus install ulang nih.. Lu sih Jaw, maen colok-colok flash disk aje, komputer gw jadi korban nh..

Apakah komputer anda pernah merasakan atau menderita kejadian seperti ilustrasi di atas ??? ada 2 kemungkinan dalam kejadian di atas. Pertama, Komputer anda terjangkit virus akut. Kedua, emang komputer anda sudah uzur kalee…hehehe.

Baiklah kawan-kawan sebangsa dan s’tanah air, disini kita akan membahas kemungkinan yang pertama. Yaitu Tentang Virus. Virus disini bukan virus HIV atau yang lainnya ya ?? Tapi virus komputer. Mau mulai dari mana ya enaknya ?? Hayo mau mulai dari mana ??? HEH, ditanyain kok ga jawab ??hehe

Oke Om, Kita mulai dari pengertiannya dulu…………… Simak baik-baik dan resapi,,hehe

Sebenarnya apa sih yang dimaksud virus disini ?? ngmong-ngmong kalo kita lagi sakit flu misalnya, ketika kita bersin virus yang keluar sangat banyak sekali, bisa ribuan, ratusan, bahkan milyaran. Itu salah satu sifat virus, mereka akan berkembang biak di tubuh orang yang dimasuki. Lama kelamaan mereka akan merusak fungsi-fungsi tubuh kita. Begitu juga dengan virus komputer. VIRUS adalah program yang mempunyai kemampuan untuk menggandakan diri dan menginveksi program lain. Mereka akan merusak sistem, mengubah program yang sudah disusun, mengacak-acak program, dan yang lebih parah lagi mereka bisa mencuri file-file rahasia kita. Wah serem amat nih virus !!!!! Mereka bisa datang dan pergi sesuka hati.

Ternyata virus tu hebat juga loh, ga percaya ?? nih baca aja

  • Kemampuan mendapatkan informasi
  • Kemampuan memeriksa suatu file
  • Kemampuan menggandakan diri
  • Kemampuan memanipulasi
  • Kemampuan menyembunyikan dir

Tuh kan, gawat kalau komputer anda sudah terjangkit virus. Bisa-bisa fatal.

Disamping kehebatan dan berbahayanya virus diatas, Virus mempunya siklus juga loh ?? Apa sih yang dimaksud siklus disini ?? Siklus Virus adalah dimana virus itu bekerja dan beristirahat. Bagaimanapun virus dikendalikan oleh manusia (hecker), Kapan waktu dia menghidupkan virus, kapan waktu juga di mangistirahatkan virus (menon aktifkan). Berikut adalah siklus Virus:

  • Dorman Phase (fase istirahat/tidur)
  • Propagation Phase (fase penyebaran)
  • Triggering Pahse (fase aktif)
  • Excecution Phase (fase eksekusi)

ga nyangka ya, virus bisa tidur juga ??hehe

Perlu temen-tmen ketahui juga ya, apa sih media-media yang bisa menghantarkan masuknya virus ??

  • Flask Disk
  • Jaringan (LAN, WAN, CAN, dll)
  • Internet
  • Shareware
  • Attachment pada Email
  • Transfering data

Catatan, mengapa virus bisa muncul di attachment Email. Hecker itu punya berbagai cara untuk menyebarkan Virusnya. Salah satunya melalui Attachment Email. Biasanya, gejala yang umum untuk mengetahui File virus adalah terdapat file asing, bisa juga berupa folder yang disitu bertuliskan sesuatu yang menarik perhatian kita. Contohnya terdapat file asing yang beri nama “Gadis Cantik dari Gurun pasir”, apalagi kita kan sebagai lelaki gt ya pasti akan penasaran pengen liyat,,hehe (dasar Omesh). Nah itu langkah awal masuknya Virus. Berawal dari iseng, dan berakibat fatal. Makanya penting bagi kita untuk menghindari sifat Omesh,,hehe

Ok lanjut..

Virus pun mempunyai jenis atau macam tersediri. Oke akan saya jelaskan.

  • Virus : Menyebar secara manual dengan bantuan manusia
  • WOrm : Menyebar secara Otomatis tanpa bantuan manusia
  • Trojan : Program untuk menembus sistem keamanan jaringan atau dalam kata lain Trojan sebagai pembuka jalan
  • Hoax : Berita bohong mengenai virus
  • Spyware : Software mata-mata

Ternyata virus bisa bohong juga ya >hehe. dan juga bisa jadi james bond segala alias mata-mata..hehe..apa sih garing,,

Sekarang mengenai Si Pembuat Virus (programmer) atau sering disebut juga dengan Hacker. Beliau adalah seseorang yang mempunyai keahlian khusus komputer dalam membuat aplikasi dan membaca bahasa Pemrograman serta mengerti tentang seluk beluk komputer, mulai dari luar sampai akar-akarnya.

Hacker dibagi beberapa bagian, diantaranya:

  • Cyber Vandalism 1 : Programmer muda yang melakukan tes kemampuan (tidak untuk disebarkan)
  • Cyber Vandalism 2 : Kumpulan grup pelajar untuk membuat virus. (ajang kemampuan diri)
  • Professional Virus Writer : Programmer handal yang memanfaatkan untuk kebutuhan komersial
  • Virus Reseacher : Programmer handal yang mengimplementasikan skillnya sekaligus sebagai bahan risek dan pengetahuan

Gimana, udah ngerti kan ?? walupun sedikit yang penting ngerti ya,,hehe.. Menjadi seorang hacker bukanlah perkara gampang, mereka harus mengerti tentang komputer. Yah paling tidak, mendalami ilmu perkomputeran lah.
Wah, udah kehabisan bahan nih buat ngejelasin. jadi cukup sekian aja yah, InsyaAllah bermanfaat kok walaupun sedikit.

Bagaiman teman-teman, itulah sedikit informasi tentang virus dan Pembuatnya

July 24, 2011 - Posted by | Computer

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: