Zaenal Nur Hafidin

Life is Challege, Become the Winner in Your Life

Ramadhan Penuh Nikmat dan Keunikan

Ramadhan 1432 H kali ini memberikan berkah yang sangat berlimpah. Bukan hanya bagi yang menjalankannya, tapi juga untuk semuanya. Ramadhan juga memberikan sesuatu yang baru yang tidak kita temui selain di Bulan suci ini. Contoh yang saya temui adalah, munculnya pedagang-pedagang dadakan. Khususnya sebelum adzan maghrib berkumandang, pedagang-pedagang ini sudah menjajakan barang dagangannya, baik yang menggelar lapak maupun yang menggelar dengan meja dan sebagainya.

“Bro, gw kemarin lewat sini sebelum puasa kok ga ada pedagang kaya gini ya ?? Sekarang banyak banget, apa lagi kalo mau buka puasa, rame banget kaya ada pasar malem.!!!

“Iya ya, gw juga bingung. Tu si Abang Husen depan kosan sekarang jadi jualan es buah, padahal kemaren ga jual apa-apa…”

Itulah salah satu keunikan dari bulan Suci Ramadhan. Banyak pedagang-pedagang dadakan yang menjajakan dagangan yang hanya ada di bulan Ramadhan. Mereka berlomba untuk mengambil keuntungan, menjual harga dengan semurah mungkin. Tidak hanya makanan, tapi juga pernak-pernik yang disediakan dan juga barang-barang unik.

Pedagang petasan pun tidak mau kalah, mereka meraup keuntung lebih di Bulan Ramadhan. Itu bias dilihat di pinggir-pinggir jalan dimanapun anda berada. Kebanyakan konsumennya adalah anak-anak. Karena mereka ingin menyemarakkan Bulan suci dengan cara berpesta kembang api.

Seperti yang terjadi di sekitar Kampus IPB, banyak berjejer toko-toko yang menjual barang-barang khas Ramadhan. Ketika menjelang Adzan Maghrib, jalan seluas 6 meter dengan panjang sekitar 500 meter ini dipenuhi dengan pedagang. Tidak hanya pedagang saja, tetapi para mahasiswapun mendominasi. Itung-itung cari tambahan buat hidup.

Bulan Ramadhan juga memberikan kenikmatan tersendiri. Khususnya bagi para Musyafir yang sedang berpuasa. Banyak masjid-masjid dibeberapa daerah yang menggelar acara buka bersama, setiap orang, siapa saja boleh ikut nimbrung. Mereka bias buka bersama dengan muslim-muslim lainnya. Subhanallah

Lumayan itung-itung hemat.hehe

Untuk itu Ramadhan juga disebut dengan bulan unik, banyak hal yang tidak kita temukan hanya di Bulan ini, dan tidak bias kita temukan di Bulan lain. Marilah kita awali Ramadhan dengan niat ikhlas, dan InsyaAllah apa yang kita lakukan di Bulan Ramadhan akan mendapatkan hasil yang baik.

Bissmillahhirrahmanirrahim:

1. “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian puasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa “( QS Al-Baqarah :183 ).

2. “Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dengan yang bathil ), karena itu barangsiapa diantara kamu menyaksikan (masuknya bulan ini ), maka hendaklah ia puasa… ” ( Al-Baqarah : 185).

3. ” Telah bersabda Rasulullah saw. : Islam didirikan di atas lima perkara: Bersaksi bahwa tidak ada Ilah selain Allah, dan sesungguhnya Muhammad itu adalah utusan Allah. Mendirikan Shalat Mengeluarkan Zakat puasa di bulan Ramadhan Menunaikan haji ke Ka’bah. ( HR.Bukhari Muslim ).

4. “Diriwayatkan dari Thalhah bin ‘ Ubaidillah ra. : bahwa sesungguhnya ada seorang bertanya kepada Nabi saw. : ia berkata : Wahai Rasulullah beritakan kepadaku puasa yang diwajibkan oleh Allah atas diriku. Beliau bersabda : puasa Ramadhan. Lalu orang itu bertanya lagi : Adakah puasa lain yang diwajibkan atas diriku ?. Beliau bersabda : tidak ada, kecuali bila engkau puasa Sunnah. “.

August 15, 2011 - Posted by | Ramadhan

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: